MENJADI JENIUS SEPERTI LEONARDO DA VINCI


Siapa ceh yang gak mau jadi jenius.Tentu semua orang mau bukan?jadi gini critanya
Pertama ceh mampir di perpuda cilacap bangga neh jadi orang cilacap...hhehehhee
Q liat buku judulnya MENJADI JENIUS SEPERTI LEONARDO DA VINCI.Nah bukunya bisa didapat di perpustakaan daerah wat orang cilacap yang hobi baca.
Nah ini kilasan bukunya.....

Jenius tidak dilahirkan tetapi diciptakan. Manusia dikaruniai potensi yang hampir tak terbatas dalam belajar dan berkreativitas.

Penelitian psikologis masa kini telah mengungkapkan kebenaran yang menakjubkan tentang luasnya potensi manusia dan menunjukan kenyataan bahwa kemampuan otak manusia lebih hebat dari yang diduga.

Sayangnya tidak seorang pun yang mengeksplorasi kemampuan otak secara utuh.Meskipun demikian leonardo da vinci dapat digunakan sebagai contoh yang paling membangkitkan ilham bagi individu yang ingin menjajaki kemampuannya.

Tujuh prinsip da vinci tersebut merupakan elemen esensial yang dapat mengnspirasi kita untuk menemukan pola pemikiran baru. Prinsip itu adalah :

1. Curiosita
Rasa ingin tahu yang tidak terpuaskan terhadap kehidupan dan upaya tidak kenal lelah untuk terus belajar. Curiosita dapat dikembangkan dengan cara berikut :
* Menuliskan pertanyaan bermakna yang dapat menjadi pertanyaan penggerak., kemudian direnungkan sebagai penggerak menuju pertumbuhan pribadi.
* Memilih sebuah tema setiap hari kemudian mencatat pengamatan atau gagasan tersebutdalam sebuah buku catatan
* Latihan arus kesadaran dengan meluangkan waktu sekurang-kurangnya 10 menit untuk menulis tanggapan tentang suatu pertanyaan yang menarik bagi kita.
2. Dimostrazione
Yaitu menguji pengetahuan melalui pengalaman, ketekunan, dan kesediaan untuk belajar dari kesalahan. Dimostrazione dapat dikembangkan melalui :
* Penelusuran pengalaman, yaitu mencari tahu pengalaman apa yang paling berpengaruh dalam hidup kita dan bagaimana pengalamantersebut mewarnai sikap dan persepsi kita
* Belajar dari keslaahan diri sendiri maupun orang lain.
3. Sensazione
yaitu penajaman indra secara terus menerus sebagai sarana untuk menghidupkan pengalaman :
* Indra penglihatan dilatih melalui latihan relaksasi mata dan visualisasi
* Indra pendengaran dilatih melalui latihan mendengarkan secra berlapis-lapis, mulai dari mendengarkan bunyi-bunyian yang keras,lembut, sampai mendengarkan keheningan.
* Indra penciuman dilatih melalui latihan kesadaran aroma, mengenali apapun yang dibaui dan mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap emosi atau ingatan.
* Indra pengecapan dilatih dengan cara merasakan apa yang dikecap kemudian mendeskripsikannya.
4. Sfumato
Yaitu kesediaan untuk menerima ketidakpastian. Melalui sfumato, kita diajak untuk bersahabat dengan keraguan dan ketidakpastian :
* Dalam buku catatan kita dapat membuat daftar dan mendeskripsikan engan singkat situasi dari hidup kita, baik di masa lampau maupun masa kini,situasi ketika keragu-raguan memnuhi hidup kita. Dari situ kita dapat mengamati kecemasan dan memperkuat daya tahankita terhadap kebimbangan.
* Selain itu meluangkan waktu untuk menyendiri dan relaksasi juga diperlukan sehingga diperoleh ide-ide yang
5. Scienza
yaitu pengembangan keseimbangan antara ilmu dan seni, logika dan imajinasi. Hal ini dapat dilatih dengan membuat peta pikiran
diawali dengan melukiskan simbol atau gambar yang mewakili suatu topik di tengah
* Kemudian menuliskan kata-kata kunci yang merupakan poin ingatan yang kaya akan informasi.
* Menghubungkan kata-kata kunci dengan garis-garis yang mengarah keluar dari gambar sentral. Garis-garis tersebut menunjukkan dengan jelas bagaimana satu kunci berkaitan dengan jelas
* Kata-kata tersebut ditulis denganhuruf cetak
* Satu kata kunci dituliskan untuk setiap garis, dituliskan diatas garis dan diusahakan agar panjang katanya sama dengan panjang garis? Warna-warni, gambar-gambar dan kode-kodedipergunkan untuk asosiasi serta penekanan yang lebih besar.
6. Corporalita
yaitu pemupukan keanggunan,keterampilan dua tangan, kebugaran dan sikap tubuh yang benar. Corporalita dapat dilatih dengan :? aerobik secara teratur,latihan kekuatan,kelenturan? mempelajari sikap tubuh yang seimbang dan benar? melatih keterampilan dua tangan dnegan menjajaki kekuatan tangan yang tidak dominan
7. Connessione
Yaitu apresiasi atau penghargaan terhadap keterkaitan antara segala sesuatu. Dalam conesione kita diajak untuk merenungkan makana keutuhan. Bagaimana kita dapat melatih kemampuan untuk melihat hubungan dan pola serta menghubungkan dan mengkombinasikan segala sesuatu. Memikirkan tentang asal-usul sesuatu merupakan cara yang amat biak untuk memahami connesione.

Akhirnya kita sekarang pergunakan kemampuan untuk mengarahkan perjalanan dan kualitas kehidupan kita menjadi lebih baik dan semakin baik. Seperti yang selalu dituliskan da vinci dalam tahun-tahun terakhirnya “ renungkan terlebih dahulu tujuannya” dan “berpikirlah baik-baik sampai saat terakhir”.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini ada di Komunitas Blogger Indonesia -AntarBlog-
 

Who Are You

IP

Ihwan Blog

All Visitors

free counters
hit counter

babushka boy © 2010 My Blog is Designed by Ihwan Felani Supported by van vel